Friday, December 23, 2011

[Prototype] BNet Dota menggunakan IP Dynamic – MIKROTIK

sebenarnya fitur create BNet Dota menggunakan mikrotik sudah bisa di dapat dalam software Mikrotik Script Maker v1 yang bisa di unduh di sini. Namun, ada satu kendala lagi yang dalam mitos-nya, server Bnet haruslah menggunakan IP statis. Semoga anggapan mitos tersebut salah besar, AMIN!

Setelah melakukan create script DOTA menggunakan tools MSM (Mikotik Script Maker) di v1 di atas, sebagai contoh, Kalo Males Download Pake Script Dibawah ini.



{
:local ipnya
:set ipnya "192.168.79."
:local iprouternya
:set iprouternya 1
:local publicnya
:set publicnya "127.0.0.1"
:local portnya
:set portnya 6112
:local startipnya
:set startipnya 1
:local endipnya
:set endipnya 14
:for i from=$startipnya to=$endipnya do={
/ip firewall nat add chain=srcnat src-address=($ipnya . "0/28") dst-address=($ipnya . $i) protocol=tcp dst-port=($portnya) action=src-nat to-addresses=($ipnya . $iprouternya) to-ports=0-65535 comment="$portnya"
/ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=($publicnya) protocol=tcp dst-port=($portnya) action=dst-nat to-addresses=($ipnya . $i) to-ports=$portnya comment="IP Public Dota"
:set portnya ($portnya + 1)}
}

Paste script di atas ke terminal RB Anda, kemudian lihatlah /ip firewall nat













Mungkin beberapa dari Anda bertanya kenapa IP Public di atas saya set terlebih dahulu 127.0.0.1 ? Iya, karena hanya untuk inisialisasi saja :p Bisa diganti apa pun, asalkan format-nya ip.ad.dr.es, kemudian setelah semua dasar-dasar script BNet dota di atas sudah masuk ke dalam rules Anda, sekarang saatnya membuat script untuk update IP Publicnya B-)

Sebelum masuk ke Scripts, requirements yang dibutuhkan untuk melakukan tutorial ini adalah posisi RB atau Router mikrotik Anda sebagai dial ke ISP Anda (saya menggunakan speedy). Selanjutnya, masuk ke bagian System | Scripts pada Winbox Anda, kemudian tambahkan new scripts :




Kemudian akan muncul window seperti di bawah ini :



Beri nama sesuai keinginan Anda, pada contoh kali ini, saya memberikan nama script ini adalah dotaScript.

Paste script di bawah ini, pada bagian text area Source pada window di atas :

:local addr [/ip address get [/ip address find interface=pppoe-speedy] address]
/ip firewall nat set [/ip firewall nat find comment="IP Public Dota"] dst-address=[:pick $addr 0 ([:len $addr]-3)]

Pada baris pertama, ganti dengan nama pppoe dial Anda, dalam contoh tutorial ini, nama dial pppoe saya adalah pppoe-speedy. Kemudian fungsi baris kedua adalah untuk mencari baris mana yang IP nya akan diganti dengan bermodalkan (halah bahasanya) comment yang sudah di inisialisasi sebelumnya. Setelah itu, klik OK.

Langkah kedua, adalah membuat system scheduler dengan cara masuk ke System | Scheduler, klik tombol add, dan lihat contoh gambar di bawah ini :



Pada bagian start date dan start time, cocokan dengan time pada mikrotik Anda. Isi terserah dengan kemauan Anda, intinya, schedule ini akan di jalankan pada jam dan waktu kapan. Kemudian pada bagian interval, saya memasukkan angka 10 pada baris kedua, yang artinya tiap 10 menit, schedule ini akan dijalankan :)

10 Menit berikutnya, mari kita lihat apakah script dan schedule nya berjalan dengan benar :)


0 comments:

Post a Comment